Seputar Baja Ringan

Baik kita lanjut deh ke area bahan yang digunakan dalam pembuatan baja ringan

Bahan dasar baja ringan adalah Carbon Steel, Carbon Steel adalah baja yang terdiri dari elemen-elemen yang persentase maksimum selain bajanya adalah sbb :

a. 1,70% Carbon
b. 1,65% Manganese
c. 0,60% Silicon
d. 0,60% Copper

Saya coba tulis pengertian masing-masing bahannya ya...

a. Carbon adalah Unsur kimia dengan nomor atom 6, tingkat oksidasi 4,2
b. Manganese adalah Unsur kimia dengan nomor atom 25, tingkat oksidasi 7,6423

NB : Carbon dan Manganese adalah bahan pokok untuk meninggikan tegangan (strength)  dari baja murni. Penambahan persentase Carbon akan mempertinggi Yield Stress tetapi mengurangi daktilitas. Baja ringan adalah Baja High Tensile G-550 (Minimum Yeild Strength 5500 kg/m2) dengan standar bahan ASTM A792, JIS G3302, SGC 570.

Untuk melindungi material baja mutu tinggi dari korosi, harus diberikan lapisan pelinung (coating) secara memadai. Berbagai metode untuk memberikan lapisan pelindung guna mencegah korosi pada baja mutu tinggi telah dikembangkan. Jenis coating pada baja ingan yang beredar di pasaran:

a. Galvanized
b. Galvalume, atau sering juga di sebut sebagai Zincalume dan ZAM ( Dikembangkan sejak tahun 1985, menggunakan lapisan pelindung yang terdiri dari 96% zinc, 6% alumunium, dan 3% magnesium.)

mulai pusing ya? tenang jangan pusing... selanjutkan kita akan coba untuk bahas tentang baja ringan dengan bahasa lebih santai dan asik. tapi saya ijin pamit dulu ya :)

Categories:

Leave a Reply